6 Tips Menghemat Baterai Android Anda

aplikasi-penghemat-baterai-android

Disini teknologi terbaru akan memberikan 7 tips menghemat baterai android.

1. Matikan Android Saat Proses Pengisian Baterai

Mematikan smartphone android ketika charging adalah tips yang banyak direkomendasikan untuk menghemat baterai android. Saat proses pengisian, direkomendasikan untuk mengistirahatkan android secara total. Jangan khawatir karena meskipun keadaan off anda masih bisa melihat indikator pengisian. Setelah mencapai 100%, anda tinggal menyalakan dan membiarkannya selama beberapa menit agar semua aplikasi yang diperlukan sistem berjalan. Setelah itu, anda bisa menggunakan android anda seperti biasa.
2. Jangan Gunakan Android Anda Saat Charging

Tips ini adalah alternatif dari tips pertama. Singkatnya, jangan gunakan android anda untuk beraktivitas saat proses charging berlangsung. Jika anda melakukkan penggunaan selama charging secara berlebihan, hal itu akan mempengaruhi ketahanan dan umur baterai. Kemungkinan terburuk, baterai android anda akan mengalami yang disebut baterai kembung.
3. Menutup Multitasking Yang Tidak Perlu

Multitasking artinya membuka beberapa aplikasi/aktivitas dalam waktu yang bersamaan. Manfaatnya, pengguna bisa berpindah-pindah aplikasi sesuai keinginan tanpa harus membuka ulang aplikasi. Namun multitasking yang berlebihan juga bisa meningkatkan konsumsi baterai android. Tipsnya singkat saja, saat melakukkan multitasking anda cukup menutup tab aplikasi yang dirasa tidak perlu. Tips kedua ini selain berfungsi untuk menghemat baterai android juga bisa untuk mengurangi beban RAM.
4. Manajemen Display Yang Baik

Display android selalu memakan baterai terbesar, dalam keadaan standby sekalipun. Untuk itu, anda memerlukan manajemen display yang baik agar baterai anda lebih awet.
Cara pertama, kurangi tingkat brightness atau kecerahan layar smartphone anda. Gunakan serendah mungkin yang anda bisa, nol akan lebih baik lagi. Saat perlu kecerahan maksimal, seperti saat dibawah sinar matahari. Anda bisa memaksimalkan brigtness, tapi jangan lupa untuk menurunkan tingkatnya lagi. Cara yang lain yang cukup berpengaruh adalah menurunkan waktu screentimeout layar android. Screentimeout adalah waktu yang diperlukan android dari waktu layarnya tidak digunakan beraktivitas sampai layarnya off.
Dalam hal ini admin merekomendasikan untuk mengeset screentimeout ke tingkat paling rendah, bisa 15 detik atau 30 detik. Tentu saja anda bisa merubahnya ke waktu yang lebih panjang saat perlu, gunakan dengan bijak.

5. Menggunakan Aplikasi Juice Defender

Dari berbagai aplikasi penghemat baterai android, Juice Defender adalah aplikasi yang paling admin sarankan. Aplikasi ini bisa membantu anda memanage penggunaan semua aplikasi yang terhubung internet, waktu mati dan hidupnya internet, dll.
Juice Defender memiliki beberapa mode dalam penggunaannya, seperti : balanced,aggresive,extreme,customize, dan advanced. Mode-mode tersebut akan sangat membantu anda dalam manajemen baterai, namun beberapa mode hanya tersedia di versi pro saja. Untuk mendownload Juice Defender, anda bisa lanngsung menuju link ini : juice defender google play

6. Gunakan Kernel Yang Memiliki Kelebihan Hemat Baterai

Yang terakhir ini hanya berlaku untuk pengguna yang sudah sering dan terbiasa melakukkan oprek terhadap androidnya. Misalnya saja rooting,unlock bootloader,berganti ROM, dll. Jika anda belum mengenal istilah-istilah tersebut, silahkan googling dan memperlajarinya. Namun admin tidak bertanggung jawab jika nanti sesuatu terjadi pada smartphone anda.
Sebagian besar smartphone android yang banyak dikembangkan di forum seperti xda-developer tentunya memiliki banyak pendukung custom kernel. Custom kernel pun bervariasi kelebihannya, bisa memiliki kelebihan di performa atau baterai.
Karena dalam hal ini kita membahas soal menghemat baterai android, anda bisa menggunakan custom kernel yang memiliki kelebihan tersebut.

Sumber : http://www.teknologiterbaru.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s