Cara Pertolongan Pertama Pada Handphone yang Terendam Air

Blocked

1. Segera ambil ponsel dari air

Air yang masuk kedalam ponsel dapat menyebabkan hubungan pendek arus listrik yang membuat ponsel anda sekarat. Segera ambil ponsel anda dari dalam air, dan matikan ponsel anda secepat mungkin bisa dengan mematikan secara paksa, melepas baterai.

2. Jangan mengambil ponsel yang masuk kedalam air bila ponsel sedang di-charge

Kenapa? karena listrik yang masih menyala bisa mengalir kedalam air disekitar ponsel anda. Segera cabut listrik dari colokan, ambil ponsel anda bisa dengan mengangkat kabel charger yang masih tertancam pada ponsel anda.

3. Keringkan ponsel dengan melepas semua aksesoris, cover dan baterai

Untuk mencegah kerusakan akibat masuknya air kedalam komponen ponsel, segera lepaskan semua aksesoris, cover ponsel dan baterai, dan keringkan semua komponen tersebut, bisa menggunakan kain, handuk maupun tisu.

4. Lepaskan SIM card dan memory card

Meskipun keduanya relatif tahan dengan air tetapi kedua komponen tersebut bila tidak dilepas dapat memerangkap air yang masuk kedalam sela-sela komponen tersebut. Selain itu, kemungkinan kartu SIM maupun memory card yang terkena air dapat terjadi korosi pada bagian kontak yang terbuat dari metal.

Segera keringkan keduanya terutama bagian yang terbuat dari metal, jangan masukkan kembali sebelum ponsel kering.

5. Bisa Gunakan Alkohol dan Penyedot Debu

Untuk mengeringkan ponsel bisa juga dengan menambahkan alkohol pada kain saat menggosok komponen ponsel. Bila anda punya, juga bisa anda gunakan penyedot debut (vacum cleaner). Arahkan alat tersebut kebagian-bagian yang basah kurang lebih 20 menit. Corong vacum cleaner jangan terlalu dekat dengan ponsel, karena alat ini menghasilkan listrik statis yang berbahaya untuk ponsel.

Jangan pula menggunakan pengering rambut (hair dryer) ataupun alat yang meniupkan angin, karena alat tersebut dapat menyebabkan air malah masuk ke ponsel lebih dalam lagi.

6. Gunakan Beras atau Silica Gel

Agar ponsel benar-benar kering, ada bisa pula menggunakan beras, dengan cara memasukkan ponsel kedalam beras dan mendiamkannya semalaman atau bisa lebih. Atau bila ada anda bisa pula menggunakan silica gel.

Caranya dengan memasukkan silica gel dengan ponsel kedalam wadah tertutup, dalam beberapa saat anda bisa membalik posisi ponsel agar kering merata.

7. Coba hidupkan

Setelah usaha anda lakukan, berdoalah terlebih dahulu, setelah itu masukkan baterai dan hidupkan ponsel anda. Bila ternyata sudah hidup dan bekerja dengan normal pasang kembali komponen yang dilepas tadi seperti cover, memory card, SIM card.

Tapi bila memang ponsel tidak bisa hidup atau hidup tetapi tidak bekerja normal, kemungkinan bisa terjadi karena korosi yang diakibatkan oleh air yang masih tertinggal. Silahkan ulangi langkah diatas, dan bila sudah merasa kering coba hidupkan kembali.

Bila ternyata belum normal, silahkan bawa ke service center kepercayaan anda. Bila memang tak terselamatkan berarti inilah waktu yang tepat untuk memperbarui alat komunikasi anda.

Sumber : http://www.teknologiterbaru.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s