10 Proyek Bangunan Paling Menakjubkan di Dunia

Proyek infrastruktur boleh jadi merupakan satu indikator suatu negara bisa dikatakan sudah maju ataupun berkembang. Ratusan bahkan mungkin ribuan proyek telah dibangun di belahan dunia ini. Beberapa di antaranya didominasi oleh negara-negara di Timur Tengah dan Asia karena imajinasi dan usahanya yang ulet. Terdapat 10 proyek konstruksi paling menakjubkan di dunia berdasarkan data terakhir yang diambil pada tanggal 11 Juli 2012. Apa saja bangunan tersebut?

1. One World Trade

One World Trade

Gedung di kota New York ini, berlokasi sama persis di tempat gedung World Trade Centre yang sempat hancur lebur ditabrak pesawat beberapa tahun lalu. Apa yang istimewa dari gedung ini adalah ketinggiannya yang mencapai 1250 kaki, dengan

104 lantai pencakar langit membuatnya menjadi gedung tertinggi di Hemisphere Barat, Amerika. Gedung ini ditargetkan akan selesai pada tahun 2013.

2. World One

World One

Berlokasi di Mumbai India, gedung ini ditargetkan akan selesai pada tahun 2014. Apabila selesai, maka gedung ini akan menjadi gedung residensial tertitnggi di dunia. Mengapa? Karena gedung ini memiliki tinggi hingga 1450 kaki, 117 lantai, 18 lift dan 300 unit apartemen di dalamnya. Mega proyek ini menghabiskan dana sekitar US$ 390 juta.

3. Russia Tower

Russia Tower

Dibangun di Moskow, menara ini diharapkan mulai bisa dipakai 4 tahun mendatang atau pada tahun 2016. Menara ini akan berdiri tegak setinggi 1180 kaki yang berisikan 118 lantai. Yang paling menakjubkan dari menara ini adalah adanya elevator atau lift yang berjumlah hingga 101, serta lahan parkir bawah tanah yang bisa menampung 3680 kendaraan roda empat. Gedungnya sendiri dapat mengakomodasi hingga 30 ribu yang didominasi oleh toko-toko.

4. Songjiang Hotel

 Songjiang Hotel

Jika bepergian ke Shanghai, China, tak ada salahnya mampir ke hotel mewah nan unik ini. Masuk ke dalam urutan ke 7 daftar ini, Hotel Songjiang memiliki 400 tempat tidur yang ditempatkan di danau berbatu berkedalaman 100 meter. Nuansa bawah laut dan air banyak diberikan oleh hotel ini restoran, ruang tamu berhadapan dengan akuarium raksasa penuh dengan kehidupan air. Berniat untuk menginap di sini?

5. Regatta Hotel

Regatta Hotel

Hotel yang mencakup beberapa proyek ini cukup membanggakan. karena salah satunya berlokasi di Jakarta Indonesia. Proyek inipun mencakup proyek apartemen di Dubai, Monte Carlo, Miami, dan Rio de Janeiro. Fase kedua yang sedang dalam proses pembangunan akan berlokai di Tokyo, Acapulco, Sydney. Dan yang ketiga akan dilakukan di New York, London. dan Shanghai.

6. Shanghai Tower

Shanghai Tower

Megaproyek di Shanghai ini menghabiskan investasi senilai US$ 2,2 miliar. Dengan tinggi 2073 kaki, menara ini memiliki 121 lantai dan didesain oleh Gensler inc.

7. Masdar City

Masdar City

Ini adalah proyek yang sedang dibangun di Abu Dabi, Uni Emirat Arab. Proyek ini akan menjadi kota bebas karbon di dunia. Ini akan menjdai sebuah kota kecil di Abu Dabi yang akan menjadi rumah bagi 50 ribu orang dan 1500 pengusaha. Ditargetkan selesai tahun 2025, pembuatan proyek kota ini menghabiskna dana senilai US$ 19,8 miliar.

8. Mecca Royal Clock Tower

 Mecca Royal Clock Tower

Berlokasi di Mekkah, Arab Saudi, proyek ini akan rampung pada tahun 2012. Kompleks ini akan mampu menampung 100 ribu orang dan menjangkau lahan lebih dari 2100 kaki. Kompleks inipun akan menjadi gedung tertinggi kedua di dunia dengan fitur jam pada puncak gedungnya.

9. Hongkong-Zhuhai-Macau Bridge

Hongkong-Zhuhai-Macau Bridge

Disebut sebagai jembatan berseri, karena menghubungkan 3 tempat, yaitu bagian barat dari Hongkong ke Macau, dan daratan kota di China yaitu Zhuhai, yang mana berlokasi di bagian barat Sungai Mutiara atau Pearl River Delta. Untuk merampungkan proyek ini di tahun 2016, dibutuhkan total investasi enilai US$ 10,7 miliar.

10. Songdo Internatinal Business District

download

Proyek ini sedang dibangun di Seoul, Korea Selatan. Ditargetkan selesai pada tahun 2015, kawasan bisnis megah ini akan menampung 80 ribu unit apartemen, lahan perkantoran seluas 50 juta kaki, dan 10 juta kaki untuk lahan retail. Dibutuhkan dana yang tak sedikit untuk membuat kawasan bisnis seperti ini, dibutuhkan kira-kira uang senilai US$ 40 miliar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s